Blender 3D, Perangkat Lunak Objek 3 Dimensi

Blender 3D adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mebuat serangkaian objek 3D yang bersifat open source. Blender 3D dapat digunakan untuk Blender 3D modeling, rigging, animasi, simulasi, render, compositing, motion traking, video editing, dan pembuatan game. Blender dapat digunakan baik oleh perorangan atau industri untuk tujuan mendapatkan keuntungan ataupun tidak. Aplikasi Blender 3D dapat berjalan di beberapa platform antara lain Linux, Windows, dan Machintosh.

blender adalah software objek 3d

Blender lisensi yang diberi nama GNU General Public License (GPL), sehingga banyak komunitas atau para pengembang dapat membuat perubahan pada Blender untuk menambahkan fitur terbaru, mengatasi bug, dan untuk mempermudah penggunaan. Blender 3D adalah perangkat lunak yang bersifat open source, sehingga tidak memiliki patokan harga tertentu, tetapi pengguna dapat berinvestasi, berpartisipasi, dan menjadikan blender sebagai perangkat lunak kolaboratif yang sangat baik.


Sekilas tentang Blender 3D


Blender dapat melakukan photorealistic rendering, dengan fasilitas terbaru yang disediakn oleh blender. Perangkat lunak ini mampu melakukan rendering yang diberi nama Cycles dengan menyediakan ultra realistic rendering dengan HDR lightning dan real time viewport. Dengan blender dapat dilakukan fast modeling dengan memanfaatkan fitur shortcut pada keyboard, edge slice, collapse, dan dissolve, serta memanfaatkan scripting dari phyton utuk melakukan custom pada tools dan add-on.

Selain itu aplikasi blender menyediakan realistic materials yang merupakan rendering material terbaru dengan fitur accurate shaders seperti pada gelas kaca, transluency. Fast rigging adalah proses melakukan Blender 3D models terhadap karakter dengan fitur yang baru yaitu fitur mirror, envelope, skeleton, dan automatic skinning, bone layers, serta colore groups. Animation toolset pada blender berfungsi untuk menggerakkan karakter menjadi animasi yang impresif, dengan beberapa fitur yaitu editor karakter animasi , sinkronisasi sound, pergerakan menggunakan path.

modeling blender dengan mudah

 

Tekstur pada Aplikasi Blender


Sculpting blender adalah memberikan tekstur nyata terhadap karakter 3D. Dengan menggunakan blender 3D akan memudahkan pengguna dalam sclupting dengan adanya berbagai macam type brush. Fast UV Unwrapping adalah memberikan gambar atau tekstur kepada objek 3D agar telihat nyata. Dengan multiple UV layer, UV layout image eksporting. Blender juga merupakan compositor dengan fasilitas render layer, compositing gambar dan video dan masih banyak lagi keunggulan nya antara lain Simulasi fluid, asap, rambut, pembuatan game, camera tracking, library ekstention, video editing, berbagai file dan format, serta fleksibel interface.

blender 3D texture terbaru detail

Blender foundation merupakan perusahaan wiralaba yang bertempat di Jerman yang bergerak untuk mensupport dan memfasilitasi projek dari blender. Blender pada dasarnya dibangun oleh ratusan pengembang dari seluruh dunia. Termasuk didalamnya dalah animator, seniman, VFX, ilmuwan, sampai orang yang hobby dengan 3D dan Blender Foundation mendukung dan memfasilitasi tujuan dari pengembang, sehingga Blender foundation selalu menerima bantuan dari pengembang yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan aplikasi Blender 3D.

Tentang Logo Blender 3D

 

download logo blender 3d

Logo Blender dibuat oleh NaN Holding B.V. dan telah dipakai oleh blender sajak tahun 2002. Logo dan brand name “Blender” tidak termasuk dalam GPL atau General Public License, sehingga logo dan nama “Blender” tidak dapat dipakai untuk kebutuhan pengguna. Tetapi terdapat syarat agar logo dapat digunakan yaitu sebagai brand kedua atau tidak menyatakan sebagai pemilik brand tersebut. Pengguna dapat memodifikasi logo blender sesuai keinginan, sehingga didalam website blender terdapat fasilitas untuk melakukan download berbagai macam tipe logo blender.
Blender memiliki banyak versi diantaranya mulai dari versi Blender 2.5 Alpha 0 sampai Blender 2.75a. Blender.org secara periodik merilis versi blender yang terbaru baik dalam bentuk source packages dan binari, atau sebagai installer. Setiap rilisan tidak dapat diprediksi jadwalnya, untuk pengguna dan pengembang dapat mengetahui terdapat versi baru dari website blender.


Beberapa versi dari Aplikasi Blender

 

versi aplikasi blender

Versi dari Blender 3D adalah berawal dari Blender 2.5 Alpha 0, Blender 2.51 Alpha 1, dan hingga saati ini terdapat Aplikasi Blender 3D dengan versi 2.75 yang dirilis pada tanggal 1 Juli 2015. Versi aplikasi ini sangat banyak dan bervariasi, hal ini merupakan pembuktian bahwa Blender Foundation terus meningkatkan fasilitas dan fitur dari aplikasi blender.


Animasi Blender 3D


Dalam blender terdapat beberapa open project yang dapat dinikmati di youtube atau dapat di lihat di cloud.blender.com, project yang dapat dinikmati secara gratis antara lain Caminandes 3 (2016), Glass Half (2015), Cosmos Laundromat (2015), Tearsw of Steel (2012), dan lain-lain. Blender telah banyak dipakai oleh seniman, animator baik digunakan untuk komersil ataupun tidak. Sebagai contoh berikut terdapat gambar yang dihasilkan dari blender. Belender menyediakan temapat untuk berbagai macam Blender 3D tutorial dari berbagai macam sumber dan pengembang. Pengguna dapat dengan mudah melihat dan mempraktekkan tutorial yang telah disediak dalam website blender.

animasi blender 3d gratisproject gratis blender

Tetapi dalam menggunakan blender harus memperhatikan spesifikasi komputer. Hanya komputer tertentu yang memenuhi persyaratan yang mampu menggunakan perangkat lunak blender. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh blender adalah Blender for 3D Printing. Dengan menggunakan Blender 3D pengguna dapat dengan mudah mencetak objek 3D dengan bantuan print tertentu. Blender juga menyajikan tutorial tentang bagaimana proses print 3D mulai dari awal sampai percetakan.

fitur terbaru aplikasi blenderblog blender 3d

Tetapi untuk tutorial ini harus membayar sebesar 27.50 Euro. Fasilitas lain yang disediakan Blender adalah Blender Cloud. Blender Cloud adalah tempat pertukaran informasi tentang project terbaru Blender dari semua pengembang yang bertujuan untuk berbagi informasi. Blender Clouds menyediakan library tentang berbagai macam texture yang dapat diunduh secara gratis ataupun project video yang dapat diunduh secara gratis dan dikembangkan oleh pengguna lainnya.


Perangkat pendukung aplikasi Blender 3D

 

flashdisk aplikasi blendersoftware printer 3D

Blender 3D juga menyediakan store atau tempat berbelanja untuk pengguna blender atau bagi yang ingin belajar dan mengembangkan blender. Blender Store dioperasikan oleh Blender Institute di Belanda. Store ini menyediakan blender projects, open movie, dan software development lainnya. Salah satu perangkat yang dijual di blender store adalah Blender Demo USB Stick yang berfungsi untuk menjalankan Blender tanpa melakukan instalasi. Kapasitas USB ini sebesar 8GB dan dapat dijalankan di berbagai platform, antara lain Windows, Mac OS, dan Linux System. Dengan menggunakan USB ini dapat menjalankan Blender dengan versi 2.75, file blender yang berkapasitas besar, simulasi yang besar, animasi yang berat, dan video HD.

Blender for 3D printing merupakan sebuah fitur terbaru yang ditawarkan untuk seniman boneka 3D yang ingin menggunakan projeknya untuk di cetak secara 3D. Dengan menggunakan printer khusus yaitu printer 3D, seniman dapat merealisasikan design 3D yang telah dibuat di aplikasi blender 3d. Tentu sangat mudah dan gampang bagi seniman dalam mencetak hasil karya mereka. Tetapi, harga dari printer 3D sangat mahal, sehingga proses pembuatan sebuah objek sangat mahal.


Download Blender


Bagi teman-teman semua yang ingin download blender 3D dapat langsung melakukan download blender di situs resminya atau dapat melakukan download di sini. Saya menyediakan blender 3D download  versi portable untuk windows 7 32-bit maupun 64-bit. Aplikasi tersebut lancar berjalan di komputer dengan spesifikasi RAM 2Gb, AMD E2, dengan grafik AMD Radeon. Untuk link download blender ada dibawah ini.

Download Blender Portable 32-bit

Download Blender Portable 64-bit
loading...

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Blender 3D, Perangkat Lunak Objek 3 Dimensi "