Tipe Data ActionScript 3 di Adobe Flash CS3 yang Harus Kalian Tahu

Tipe Data ActionScript 3

Tipe Data merupakan sebuah fitur yang harus ada dalam setiap bahasa pemrograman, termasuk Actionscript 3 yang menyediakan fitur yang hampir sama dengan bahasa pemrograman lainnya, yaitu tipe data actionscript 3 dan variabel actionscript 3. Kita dapat melakukan manipulasi terhadap data yang ada dengan menggunakan actionscript 3. Ciri – ciri ini mungkin sudah temen – temen temui di bahasa pemrograman lainnya.

tipe data actionscript 3 di adobe flash cs3

Fungsi Tipe Data ActionScript 3 di Adobe Flash CS3

Berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, actionscript 3 menyediakan tipe data tertentu yang dapat digunakan. Tipe data actionscript 3 ini dapat diolah dengan menggunakan fungsi dari variabel, setelah dilakukan pendeklarasian variabel. Tetapi, sebelum mengetahui tentang Tipe Data di Adobe Flash CS3, terlebih dahulu ada dasar dasar yang harus temen - temen ketahui dalam actionscript 3 adobe flash CS3 di 3 Dasar yang Harus Deiketahui Agar Cepat Menguasai ActionScript 3 di Adobe FLash CS3.


Inilah Beberapa Tipe Data ActionScript 3 di Adobe Flash 3

Beberapa tipe data actionscript 3 yang dapat digunakan dalam actionscript 3 di adobe flash cs3 adalah sebgai berikut:


String, yaitu kumpulan karakter dapat berupa huruf, angka, ataupun simbol. Penggunaannya harus berada diantara tanda petik dua (“....”) atau diantara petik satu (‘....’);. Kalimat apapun yang berada diantara tanda petik dua atau petik satu, akan dibaca sebagai karakter.

Contoh penulisan string dalam actionscript 3

nama = “sayadodo.blogspot.com”;



Number, yaitu data numerik yang secara default merupakan tipe data float. Tipe data float merupakan tie data desimal, sehingga dapat dikatakan tipe data Number merupakan tipe data yang dapat diberikan nilai desimal. Penggunaan koma yang biasanya dipakai dalam desimal, diganti dengan titik. Jadi, temen – temen harus menggunakan titik untuk membuat bilangan desimal.

Contoh penulisan Number dalam actionscript 3

angka = 12.4;



Integer dan unsigned integer, yaitu data yang secara default merupakan bilangan bulat. Bilangan bulat terdiri dari bilangan positif dan bilangan negatif. Perbedaan antara integer dan unsigned integer adalah untuk integer dapat berisikan bilangan bulat positif fan bilangan bulat negatif, sedangkan unsigned integer hanya berisikan bilangan bulat positif saja. Penulisan sama seperti Number, karena pada dasarnya memiliki golongan data numerik.

Contoh penulisan integer dan unsigned integer actionscript 3

a = -3;
b = 4;



Boolean, tipe data boolean hanya terdiri dari 2 buah kondisi, yaitu kondisi yang memiliki nilai benar atau true dan kondisi yang bernilai salah atau false. Didalam actionscript 3, sebuah kondisi dikatakan benar apabila memiliki nilai lebih dari 0. Sedangkan, kondisi yang salah harus memiliki nilai 0. Tidak diharuskan sebuah tipe data boolean menggunakan fungsi logika.



Object, tipe data ini merupakan sebuah tipe data yang bersal dari kumpulan atribut, hingga mendefinisikan sebuah objek yang ditunjuk. Sebuah objek dapat terdiri dari banyak atribut. Misalkan objek siswa, terdiri dari nama, kelas, nilai, alamat, dll., sehingga menunjukkan sebuah objek seorang siswa yang spesifik dengan nama tertentu, alamat tertentu, dll.



Shape, tipe data ini merupakan sebuah tipe data yang dapat menyimpan data sebuah gambar vektor. Hampir sama seperti tipe data object, tipe data shape memiliki atribut yang digunakan sebagai spesifikasi untuk membuat objek tertentu. Misalkan data lingkaran, maka dalam shape dapat menyimpan bentuk objek, warna, posisi objek, garis tepi, dll.



MovieClip, sebuah tipe data yang berhubungan dengan elemen grafis. Dengan menggunakan tipe data movieclip, temen – temen dapat melakukan kontrol terhadap sebuah objekgrafis dengan menggunakan sebuah event atau sebuah kegiatan yang terjadi pada saat kita menginputkan sesuatu atau masukan. Sebuah event atau masukan dapat digunakan baik dengan menggunakan keyboard, mouse, dll.



Sprite, Tipe data ini merupakan gabungan dari penggunaan movieclip dan shape. Tipe data ini dapat menyimpan nilai keduanya, sehingga terdapat sebuah shape yang dapat dikontrol menggunakan event.



Null, merupakan sebuah nilai dari variabel. Variabel bernilai null ketika tidak menyimpan data apapun. Value null digunakan dalam waktu tertentu, yang membutuhkan identifikasi nilai terhadap suatu variabel.



Undefined, merupakan sebuah nilai dari variabel yang belum memiliki nilai dan belum ditentukan tipe data variabelnya, sehingga apabila terdapat variabel seperti itu, maka pada saat dikeluarkan akan bernilai undefined.



Konstanta, merupakan sebuah variabel yang hanya dapat diisikan nilai satu kali. Apabila telah terdefinisikan, variabel ini tidak akan pernah bisa diganti nilainya.



Itu tadi beberapa tipe data yang terdapat di actionscript 3 adobe flash CS3. Setelah mengetahui tentang tipe data ini, temen - temen dapat belajar tentang ActionScript 3 di Adobe Flash lainnya. Semoga Bermanfaat.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Tipe Data ActionScript 3 di Adobe Flash CS3 yang Harus Kalian Tahu"