Contoh Bumper Video dengan After Effect


Bumper Video merupakan media visual dan audio atau dalam bentuk video singkat yang terletak di bagian awal sebuah program atau dibagian akhir sebuah program. Bumper video menunjukkan kepada penonton inti dari isi program yang akan ditayangkan atau disampaikan. Kemenarikan bumper video akan sangat menentukan terhadap keberhasilan menarik hati penonton untuk melanjutkan ke isi dari program.

Bumper video memiliki tingkat persuasi yang tinggi terhadap ketersampaian isi program kepada penonton. Terkadang hanya dengan melihat bumper dari sebuah program penonton dapat dengan mudah menebak dan mengetahui isi dari program. Selain itu, dengan bumper dapat menumbuhkan rasa penasaran dari penonton untuk melihat program hingga akhir.

Bumper tidak hanya terdapat pada televisi tetapi juga terdapat pada radio. Bumper pada televisi memiliki tujuan untuk menandai bahwa sebuah program akan segera dimulai, kemudian menandai peralihan antara iklan dan program atau program ke iklan, serta menandakan bahwa program akan berakir. Dalam radio, bumper bertujuan untuk menunjukkan peralihan antara iklan dan program, peralihan antara program ke iklan, penanda akhir program, dan sebagai pemberitahuan kepada pendengar sedang berada di stasiun mana.

Bumper disebut juga opening sequence yang pada umumnya memiliki durasi antara 15-25 detik yang digunakan untuk membuka sebuah program acara yang bertujuan untuk karakter program yang akan ditampilkan. Di Indonesia, bumper lebih dikenal dengan animasi motion grafik yang pada awalnya dimulai ketika munculnya program MTV di Indonesia, sehingga menumbuhkan animator grafik di Indonesia.

Bumper dibagi mejadi dua kategori, yaitu:
  • Bumper In adalah penanda untuk masuk ke sebuah program.
  • Bumper Out adalah penanda pada saat program akan berakir, baik pada saat jeda antara program dan iklan atau dengan program dengan program lainnya.
 Bumper biasanya diisi dengan tipografi, warna, efek-efek visual, backsound yang sesuai, dan objek visual lainnya. Bumper dapat dibuat dalam beberapa tools, antara lain:
  • Adobe Flash
  • Adobe After Effect
  • Blender 3D
  • 3DS Max
  • Macromedia Flash
  • dll.
Blog sayadodo juga dapat memberikan contoh bumper seperti pada postingan berikut sayadodo.blogspot.com, Blog Berbagi Informasi Tentang Tutorial Multimedia Dasar Berbahasa Indonesia. Selain itu, berikut adalah contoh bumper yang lainnya dari sayadodo.
video

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Bumper Video dengan After Effect"

Posting Komentar