Chroma Key, Teknik Green Screen dan Blue Screen di After Effect

Apa itu Croma Key?

Tutorial after effect CS4 kali ini akan membahas tentang Chroma Key atau Kunci Kroma. Chroma key adalah sebuah teknik untuk menggabungkan dua buah objek dapat berupa gambar atau video, yang salah satu warna dari objek dihilangkan atau di transparansi. Chroma key atau dapat disebut juga Color Keying, dan sering disebut juga dengan Color Separation Overlay (CSO). Color Separation Overlay sendiri banyak digunakan di pertelevisian dan perfilman dengan mengganti latar belakang sebuah gambar atau scene film dengan menggunakan teknik Chroma Key



Teknik Chroma Key sering disebut Blue Screen atau Green Screen. Blue Screen merupakan teknik pengambilan gambar atau video dengan menggunakan latar belakang berwarna biru, sedangkan Green Screen adalah teknik pengambilan gambar dan video menggunakan latar belakang berwarna hijau.

Pada dasarnya teknik Chroma Key  akan menghilangkan latar belakang dari sebuah gambar dengan cara ditransparasi dan menggantikannya dengan gambar lainnya atau warna solid lain yang sesuai. Proses pengambilan gambar atau video menggunakan layar berwarna solid hijau atau biru, kemudian warna latar belakang tersebut akan dihapus dan digantikan dengan warna solid yang lain atau digantikan dengan objek lainnya, sehingga gambar tersebut memiliki latar belakang sebuah warna baru atau objek baru lainnya.



Sebenarnya dalam teknik Chroma Key tidak harus menggunakan Green Screen atau Blue Screen. Pemilihan warna sangat beragam yang dapat digunakan dalam teknik Chroma Key, tetapi warna yang paling banyak dipakai adalah warna solid hijau dan warna solid biru, karena kedua warna tersebut merupakan warna yang memiliki tingkat perbedaan yang sangat tinggi dengan warna yang ada dalam tubuh manusia, kulit dan rambut contohnya.

Penggunaan Green Screen dan Blue Screen.

Penggunaan Green Screen atau Blue Screen dalam pertelevisian biasanya digunakan pada program berita, berita cuaca, iklan, dll, sedangkan penggunaan Green Screen atau Blue Screen dalam perfilman telah banyak kita nikmati, antara lain “Life of Pie”, “The Avengers”, “Avatar”, dll.

 
Pada proses pengambilan gambar dengan kamera latar belakang objek dibuat dengan menggunakan warna hijau atau biru agar objek mudah diseleksi dan mudah dilakukan editing untuk mengganti latar belakang. Teknik Chroma Key digunakan untuk mempercantik tampilan atau agar tampilan yang dihasilkan lebih mendramatisir.

Apa itu Virtual Set?

Saat ini, telah muncul teknik yang lebih baru dari Chroma Key Green Screen dan Blue Screen yaitu Virtual Set. Virtual Set merupakan generasi lanjutan yang didapuk mampu menggantikan teknik Blue Screen dan Green Screen. 



Cara pengambilan gambar sama persis dengan menggunakn Blue Screen atau Green Screen, bedanya pada Virtual Set dilengkapi dengan Tracker Box. Tracker Box adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengirimkan data-data berupa posisi, grid, zoom dari objek ke kamera, sehingga setiap pergerakan objek dapat secara tepat dan cepat diikuti oleh kamera. Hal tersebut yang membedakan antara Green Screen dan Blue Screen dengan Virtual Set.

Cara edit Green Screen dan Blue Screen di After Effect.

Pada After Effect, terdapat tool untuk menenerapkan fitur dari Green Screen dan Blue Screen. Cara membuat Green Screen denganAfter Effect sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan fitur Keying. Terdapat beberapa macam fitur Keying pada after effect, tetapi yang digunakan untuk menerapkan proses Green Screen dan Blue Screen adalah KeyLight(1,2).




Pada Gambar diatas terlihat sebuah video yang diambil dengan menggunakan teknik Green Screen dan digabung dengan objek lain berupa kertas lusuh. Penggabungan tersebut dapat dilakukan hanya dengan menseleksi warna solid hijau pada video yang diambil dengan menggunakan teknik Green Screen, sehingga warna hijau akan terseleksi dan menjadi transparan. Pengaturan transparansi dapat dilakukan di dalam Effect Control dari Keylight (1,2). Effect Control akan tampil secara otomatis ketika sebuah efek diberikan kepada sebuah objek yang berada pada composite. Tampilan Effect Control akan berada di sebelah kiri atas.



Pada awalnya diambil sebuah video dengan menggunakan layar berwarna hijau. Tampak gambar diatas memiliki kualitas yang kurang bagus, karena pencahayaan yang kurang sempurna, sehingga menimbulkan bayangan, serta ukuran yang terlalu kecil, sehingga gambar akan pecah ketika dilebarkan. Warna hijau pada latar belakang akan dihilangkan atau ditransparansi dengan menggunakan tool KeyLight (2,1). Warna hijau ditransparansi agar latar belakang dapat diganti dengan objek lain yang lebih menarik.



Proses seleksi dari latar belakang color hanya dengan menggunakan Screen Color yang terdapat pada Effect Control dari efek KeyLight(1,2). Terkadang hasil seleksi warna latar belakang tidak berjalan dengan sempurna masih terdapat warna-warna sisa dari latar belakang, hal tersebut dapat terjadi karena layar yang dipakai untuk Green Screen atau Blue Screen tidak merupakan warna solid atau terdapat gradien, kesalahan lainnya yang sering terjadi adalah pencahayaan yang tidak merata, sehingga menimbulkan sisi terang dan sisi gelap, serta menimbulkan bayangan pada objek utama. Pencahayaan merupakan salah satu hal yang paling vital dalam pengambilan gambar dengan menggunakan Green Screen atau Blue Screen, agar tidak terdapat bayangan atau warna yang tidak merata. Sangat merugikan apabila hasil yang diambil tidak maksimal dan terdapat percak hasil konversi yang tidak sempurna. Hal tersebut dapat dihindari dengan menggunakan fungsi dari Screen Matte yang terdapat pada Effect Control dari KeyLight(1,2).



Dalam Screen Matte terdapat banyak fitur untuk memperbaiki hasil dari editing, antara lain  adalah menghaluskan gambar, menghaluskan hasil warna, serta memperjelas objek yang terlalu tertransparansi. Terdapat juga tingkat kekasaran dari tepi objek yang diseleksi, dengan menggunakan tool Screen Softnes. Objek dapat juga di blur dengan menggunakan Pre-Blur yang berfungsi untuk melakukan Blur pada sekitar tepi objek yang terseleksi. Pada Clip White semakin rendah ukurannya semakin jelas objek yang dilakukan 
Green Screen.



Setelah mengatur transparansi warna hijau pada latar belakang objek utama, dilakukan proses pergantian warna solid hijau dengan objek lain dengan menggunakn teknik kompositing. Teman-teman dapat melihat penjelasan tentang kompositing pada postingan tentang. Apa itu Kompositing?. Pemindahan latar belakang hanya dengan mengatur letak dari masing-masing objek pada layer. Objek yang berada di bawah nya akan ditutupi oleh objek yang berada di atasnya, sehingga objek yang digunakan untuk menggantikan layar diletakkan dibawah objek utama, seperti pada Gambar diatas.Setelah proses tersebut, teman-teman dapat menambahkan animasi teks, line, atau bahkan objek tersebut dianimasikan. Seperti diberikan tulisan seperti gambar dibawah ini.



Agar  tampilan menjadi lebih bagus dan indah dipandang oleh pemirsa, sehingga diberikan efek berupa tulisan berjalan. Efek tulisan selain digunakan untuk memberikan efek pada video, juga difungsikan untuk mempertegas maksud dari video, agar pesan tersampaikan pada pemirsa. Video yang baik adalah video yang mampu menyampaikan pesan yang tepat pada pemirsa. Buat teman-teman yang ingin melihat tutorial menggerakkan tulisan di after effect dapat membaca artikel tentang Cara membuat kinetik tipografi dengan After Effect.

Sekian pengertian tentang Chroma Key, Green Screen, dan Blue Screen, serta cara menggunakkannya di After Effect.


Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Chroma Key, Teknik Green Screen dan Blue Screen di After Effect"