Belajar Tipografi After Effects Menggunakan Horizontal Type Tool Dasar 1

Tipografi After Effects : Pengertian Tipografi


Tipografi after effects merupakan sebuah teknik untuk melakukan pemilihan dan penataan terhadap huruf, dengan memanfaatkan ruang yang tersedia, untuk menciptakan sebuah kesan tertentu yang berfungsi memberikan kenyamanan pada pembaca dengan menggunakan aplikasi after effect. Huruf atau Tipo merupakan sebuah bentuk visual yang dapat dibunyikan dan digunakan sehari-hari untuk komunikasi verbal.


Oke teman-teman semua, dari penjelasan diatas kalian sudah tahu kan tentang tipografi, baik pengertian fungsi dan tujuannya. Nah, sekarang kita akan membuat tipografi mengggunakan after effect menggunakan Horizontal Type Tool. After effect yang diapakai dalam membuat tipografi ini adalah After Effect CS5. Tetapi, teman-teman bisa memakai after effect dengan versi berapapun, karena yang kita pakai adalah tools dasar saja.

Belajar membuat Tipografi After Effects

1. Teman-teman dapat membuka aplikasi After Effects di komputer masing-masing.
2. Setelah dibuka, maka tampilan After Effect CS5 akan seperti ini.


3. Pilih horizontal type tool atau teman – teman dapat menekan shortcut pada keybord (Ctrl+T) untuk menuliskan huruf di Composition. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini guys. Tetapi sebelumnya teman-teman harus membuat composition terlebih dahulu. Apabila teman-teman kesulitan atau belum jelas mengenai Composition. Teman - teman dapat melihat tutorial sebelumnya. Lihat tutorial membuat Composition berikut.


4. Setelah itu, klik di sembarang tempat dalam Composition untuk menuliskan sebuah kata atau kalimat yang tementemen inginkan. Hasil penulisan dapat temen - temen lihat pada gambar dibawah ini. Satu kali klik untuk kalimat yang menyambung dan dapat berpindah baris dengan menekan Enter pada keyboard. Apabila kita ingin menambahkan kalimat lain yang berbeda tempat ukuran dan jenis huruf, temen - temen dapat melakukan klik di sembarang tempat sesuai keinginan dalam Composition yang telah dibuat sebelumnya.


5. Untuk membuat sebuah tipografi after effects yang bagus temen - temen juga dapat mengganti jenis huruf yang sesuai dengan yang diinginkan temen – temen semua. Caranya temen – temen dapat memilih atau membuka Panel Character pada after effect. Letaknya dapat di lihat pada gambar dibawah ini.


6. Letak dari panel character dalam belajar tipografi after effect dapat erada dimana saja, mungkin di kanan atas, kanan bawah, tergantung dari pengguna ingin meletakkannya dimana. Apabila temen – temen belum dapat menemukan letak panel character, temen – temen dapat mencarinya atau membukanya pada menu window kemudian pilih Character, atau temen – temen dapat menekan shorcut (Ctrl + 6) untuk membuka panel Character. Seperti gambar dibawah ini.


7. Untuk merubah atau melakukan edit pada tulisan atau kalimat, temen – temen dapat melakukan pemilihan atau klik terhadap kata atau kalimat yang ingin dirubah jenis huruf, ukuran, dan jarak atau space atar hurufnya. Setelah di klik atau dipilih huruf atau kalimatnya, temen – temen dapat merubah sesuai keinginan untuk membuat tipografi after effects.


8. Berikut merupakan panel dari Character yang berisikan semua pengaturan tentang membuat tipografi after effects. Mulai dari jenis huruf, font style, ukuran font, warna font, model stroke atau garis tepi, dan lain – lain.


9. Klik tulisan yang ingin dirubah kemudian pilih font family dan select atau cari tipe font yang temen - temen inginkan. Temen – temen bisa scroll ke bawah atau ke atas sampai ketemu tipe font yang diinginkan. Gambarnya dapat dilihat di bawah ini.


10. Setelah memilih jenis tulisan temen - temen dapat memilih style pada tulisan atau kalimat yang diinginkan, misalkan temen – temen ingin merubah font menjadi miring, maka temen – temen harus memilih Italic. Setiap font memiliki style yang berbeda, bisa saja satu buah font memiliki style yang banyak tetapi bisa saja sebaliknya, hanya memiliki 1 buah style.

 
11. Dalam belajar membuat tipografi after effect, temen - temen juga dapat merubah warna dari huruf tersebut sesuai dengan keinginan, dengan cara klik Fill Color pada panel character. Lalu temen temen dapat menggunakan kode RGB atau menggunakan Hexa.

12. Selain itu, temen – temen juga dapat merubah ukuran huruf atau kalimat di font size. Ada banyak cara dalam merubah ukuran huruf atau kalimat. Pertama, temen – temen bisa merubah scale atau ukuran dengan menarik point point pada tepi huruf di Compositing. Kedua, temen – temen bisa klik pada ukuran lalu isi dengan ukuran yang diinginkan. Ketiga, temen – temen dapat klik gambar segitiga di bagian samping kanan dari ukuran, lalu pilih ukuran yang diinginkan.


13. Temen – temen dapat merubah jarak atau spasi antar baris dengan merubah ukuran dari Set the leading dengan ukuran yang diinginkan. Semakin besar semakin jauh jarak antar baris pada kalimat.


14. Temen – temen dapat mengatur lebar atau jarak antar huruf dengan merubah ukuran Set tracking pada panel Character pada after effects. Klik bagian panah sebelah kanan, lalu pilih ukuran yang sesuai, semakin positif jarak antar huruf semakin besar sedangkan semakin negatif, maka jarak antar huruf semakin rapat.


15. Selain itu temen – temen juga dapat memberikan outline atau garis tepi dengan melakukan klik pada stroke style. Sehingga, model garis tepi dapat disetting sesuai dengan keinginan temen – temen semua.
 

16. Setelah itu, temen – temen juga dapat merubah ukuran garis tepi atau ketebalan garis tepi dengan melakukan klik terhadap stroke size, lalu pilih ukuran yang seusi keinginan.


16. Selain itu, temen – temen juga dapat melakukan edit tulisan atau font menjadi Tebal, Italic, merubah huruf besar, upperscript, dan subscript, dengan memilih pengaturan seperti yang dibawah ini.


Demikian penjelasan tentang belajar tipografi after effect dasar I, yaitu pengaturan awal untuk membuat sebuah tipografi after effects. Untuk tutorial tipografi after effect temen – temen bisa memantau terus sayadodo.blogspot.com.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar Tipografi After Effects Menggunakan Horizontal Type Tool Dasar 1"

Posting Komentar