3 Dasar yang Harus Diketahui Agar Cepat Menguasai ActionScript 3 di Adobe Flash CS3

Belajar actionscript 3 di Adobe Flash CS3 sangatlah mudah, apabila temen- temen mengetahui dasar dari pemrograman actionscript 3 itu sendiri. Kali ini akan kita melakukan pembahasan tentang dasar – dasar pemrograman berbasis actionscript 3 pada adobe flash cs3.


Dasar actionscript 3 sangatlah penting untuk diketahui agar temen – temen semua dapat membedakan apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam pemrograman actionscript 3. Sudah pasti tentunya belajar actionscript 3 tidak dapat dilakukan secara instan dan mendapatkan hasil yang sangat bagus dalam waktu yang singkat, tetapi temen - temen harus melalui beberapa proses dan tahapan agar menjadi mahir dalam actionscript 3.


Jadi temen-temen juga harus ingat bahwa, tidak ada sesuatu yang didapatkan tanpa melalui proses. Jadi jangan hanya melihat orang - orang yang ahli saja di bidang actionscript 3, tetapi dahulu mereka juga memulai dari nol. Ingat, setiap pro pernah jadi newbie.


Yup kembali ke masalah, kali ini kita akan mempelajari 3 pokok pembahasan yang sangat dasar dalam actionscript 3 di Adobe Flash CS3, yaitu Case Sensitive, Fungsi Trace, dan Komentar. Apabila temen – temen dapat memahaminya dan mempraktekkannya, maka akan sangat mudah buat temen - temen untuk mempelajari materi selanjutnya. Karena didepan materi akan semakin menantang dan butuh pemahaman yang lebih.



3 Dasar ActionScript 3 di Adobe Flash CS3

Case Sensitive

Case Sensitive adalah sebuah peraturan dalam actionscript 3 yang mengatur tentang penulisan huruf besar dan huruf kecil dianggap berbeda. Kesalahan dalam menggunakan huruf besar atau kecil dapat berakibat error saat program dijalankan. Jadi, temen – temen harus jeli dan hati – hati dalam menulis actionscript 3, apabila terjadi perbedaan penggunaan huruf besar dan huruf kecil, maka program tidak dapat dijalankan.



Penulisan actionscript 3 yang benar akan menghasilkan warna biru atau tulisan kode actionscript akan berubah secara default menjadi warna biru dan warna – warna lainnya, tergantung dari pengaturan actionscript 3.



Nah agar temen- temen semua semakin memahami tentang Case Sensitif ini. Berikut adalah contoh dari penulisan actionscript 3 yang salah dan penulisan actionscript 3 yang benar.

actionscript 3 di adobe flash cs3 case sensitif



Dari gambar diatas dapat diperhatikan bahwa seharusnya penulisan trace menggunakan huruf kecil kesemuanya, jadi apabila kita keliru dalam menuliskan kode program actionscript 3, maka akan terjadi error seperti gambar dibawah ini.

actionscript 3 di adobe flash cs3 error case sensitif



Fungsi Trace di ActionScript 3



Trace merupakan sebuah fungsi dari actionscript 3 yang digunakan untuk menampilkan hasil atau sebuah pesan yang dihasilkan dari penulisan actionscript pada panel output atau panel keluaran. Penulisan fungsi trace pada actionscript 3, harus menggunakan huruf kecil dan tidak boleh ada yang ditulis dengan huruf besar, karena kana mengghasilkan pesan error pada panel output.


Contoh penulisan trace
Trace(“Pesan yang dikeluarkan”);

 

Langkah-langkah menulis trace di Adobe Flash CS3

Buatlah sebuah flash file (Actionscript 3.0) baru

actionscript 3 di adobe flash cs3 new file flash





Pilih frame dimana actionscript 3.0 akan ditempatkan, dengan cara klik frame pada layer yang ditentukan.


actionscript 3 di adobe flash cs3 layer



Buka panel action dengan cara menggunakan shortcut F9 atau pada menu Window pilih Action.

actionscript 3 di adobe flash cs3 action panel


Klik pada panel action, lalu ketikkan script berikut
Trace(“Hello Flash”);
Simpan file dengan nama Latihan 1 - trace. Temen – temen bisa pilih menu File – Save atau tekan (Ctrl + S).

actionscript 3 di adobe flash cs3 save as file flash


Kemudian, lakukan test movie dengan menekan tombol (Ctrl + Enter) atau ke menu Control – Test Movie.

actionscript 3 di adobe flash cs3 test movie


Hasilnya akan tampil seperti berikut

actionscript 3 di adobe flash cs3 test movie result



Penulisan Komentar pada ActionScript 3

Komentar dalam actionscript 3 di Adobe Flash CS3 adalah baris kode yang tidak akan dijalankan pada program. Fungsi dari komentar itu sendiri adalah sebagai pemberi keterangan tertentu pada baris atau kode tertentu. Komentar berguna sebagai penanda dalam pembuatan aplikasi yang memiliki banyak baris kode agar mudah dalam proses editing.


Dalam menuliskan komentar ada dua macam, pertama dengan memberikan tanda ( //... ) dan kedua dengan menggunakan tanda ( /*...*/ ). Jadi yang perlu teman - teman perhatikan yaitu perbedaan kedua fungsi tersebut. Perbedaan dari kedua jenis penulisan komentar tersebut terletak pada jangkauannya.


Tanda ( // ) hanya dapat digunakan untuk memberikan komentar pada 1 baris saja. Sedangkan, tanda (/*...*/) dapat digunakan untuk menuliskan komentar lebih dari 1 baris. Berikut contoh penulisan komentar dalam actionscript 3.

actionscript 3 di adobe flash cs3 comment


Hasil dari eksekusi program diatas akan seperti gambar dibawah ini. Tulisan yang diberikan komentar tidak akan dieksekusi oleh program, meskipun tulisan yang diberikan komentar adalah kode actionscript 3 sekalipun.

actionscript 3 di adobe flash cs3 comment result


Demikian dasar dari actionscrip 3 di Flash Adobe CS3 dengan pembahasan Case Sensitive, Fungsi Trace, dan Komentar. Apabila temen – temen belum mengerti tentang Actionscript 3. Temen – temen dapat melihat Artikel tentang Belajar Cepat Actionscript 3 di Adobe Flash CS3.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "3 Dasar yang Harus Diketahui Agar Cepat Menguasai ActionScript 3 di Adobe Flash CS3"

  1. manap, caranya cukup mudah bagi pemula..

    visit back

    BalasHapus
  2. Apapun yang hal yang mau kita pelajari...
    Minimal kita tau dasa-dasarnya ya Mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas harus ada dasarnya dahulu

      Hapus